cari resep bunda inong disini

Friday, November 21, 2014

Arsik Ikan Mas

Arsik ikan mas,Masakan khas batak yang sangat populer.Arsik atau ikan mas masak bumbu kuning ini menjadi terasa istimewa karena rempah bernama andaliman yang berbentuk bulat seperti biji merica dengan warna hijau.
Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai "merica batak". Masakan khas Batak seperti arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan. Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun "menggigit" sehingga menimbulkan sensasi kelu atau mati rasa di lidah, meskipun tidak sepedas cabai atau lada. Rasa kelu di lidah ini disebabkan adanya kandungan hydroxy-alpha-sanshool pada rempah tersebut. Selain dalam masakan Batak, penggunaan Andaliman sebagai bumbu masak juga dikenal dalam masakan Asia Timur dan Asia Selatan. (wikipedia)
Arsik merupakan sajian wajib setiap rumah tangga Batak baik yang masih tinggal di kampung halaman maupun yang sudah merantau. Bahkan, bagi seorang wanita Batak dikatakan pandai memasak apabila bisa memasak ikan mas arsik dan layak dihidangkan kepada tamu.
Bagi masyarakat Batak hidangan ini bukan sekedar kuliner belaka namun memiliki nilai tradisi yang kuat.
Menurut filosofi adat Batak, ikan mas merupakan dekke sitio-tio dan dekke simudur-udur. Ikan ini melambangkan kemurnian hidup dan panjang umur. Pemaknaan ini dapat dilihat dari habitat ikan mas yang hidup di air tawar dan memiliki tubuh yang panjang. Ikan ini juga melambangkan kehidupan damai turun temurun seperti halnya ikan mas yang hidup bergerombol (marudur-udur).
Dalam setiap upacara adat Batak, ikan mas arsik yang sudah matang  disajikan dalam bentuk memanjang seperti berenang. Jumlah ikan mas yang disajikan dalam setiap peristiwa adat berbeda-beda, satu ekor untuk untuk pasangan yang baru menikah, tiga ekor disajikan untuk pasangan yang baru memiliki anak, lima ekor disajikan untuk pasangan yang memiliki cucu, dan tujuh ekor disajikan untuk pemimpin masyarakat Batak.
Gambar yang saya sertakan di sini,itu memasak untuk 10kg ikan,resep yang di share di bawah untuk memasak 2kg ikan.


Arsik Ikan Mas
By Linda Salut Br Simanjuntak (Bunda Inong)

Bahan:
1,5 kg/3-4 ekor ikan mas,buang isi perutnya tetapi biarkan sisiknya (tidak perlu disiangi)
1 ikat kacang panjang, potong sepanjang 10 cm
4 kuntum bunga kecombrang,buka kelopak bunganya
1-2 ikat bawang batak/Lokio, siangi
5 keping asam gelugur atau asam kandis
Air (menenggelamkan semua bahan yang di masak) lebih kurang 3liter air

Bumbu dihaluskan:
15 siung bawang merah
10 siung bawang putih
5 cm kunyit
5 cm jahe
100gram lengkuas muda
2 batang serai, ambil bagian putihnya saja
10-15 cabe merah keriting
15 cabe rawit
50 gram kemiri, sangrai
1-2 sendok makan andaliman, cari yang masih segar
3 lembar daun jeruk purut
2 sdt garam

Untuk mengalas wajan:
5-10 batang serai, siangi,potong potong panjang

batang kecombrang, jika ada

Cara :
Bersihkan ikan,gosok dengan garam dan jeruk nipis,cuci kembali,jika untuk di makan di keluarga,ikan bisa di potong 2,tapi apabila untuk acara adat,ikan utuh.
Tata serai utuh dan sebagian asam galugur di dasar kuali.
Giling semua bumbu hingga halus, adukkan ke ikan.lalu tata ikan yang sudah berbumbu tadi ke dalam kuali,tata kacangpanjang,Susun lokio dan sisa asam galugur di atasnya,tata lagi ikan di atas nya.Masukkan daun salam.
Tambahkan air sampai menutup semua ikan.Beri garam sesuai selera. Kucuri dengan air jeruk nipis. Masak dengan api sedang. Tutup kuali dengan tutup panci/plastik selama proses pemasakan ini.
Jika sudah berkurang airnya,cicip keasinannya,Lanjutkan memasak dengan api sedang-kecil hingga kuah hampir habis dan semua bahan matang.(lebih kurang 3-5jam)
Dinginkan. Pindahkan ke piring hidangan.
Siap disantap
SELAMAT MENCOBA ^_^

No comments: