cari resep bunda inong disini

Wednesday, November 5, 2014

TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI

mengikuti booming brownies di fb,brownies sungai Ummu allegra menjadi pilihan,brownies ini bagian atasnya renyah, namun bagian tengahnya agak terasa chewy saat digigit. 
Karena malas mengeluarkan Mixer,akhirnya aku hanya menggunakan wisk.
1 resep brownies ini bisa menghasilkan 3 loyang brownies uk. 10x30 cm.

Saya bikin 1 loyang 30x30cm.
 

 

TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI
Resep: Ummu Allegra

Bahan dan alat:
6-7 butir telur ayam
400 gram gula pasir ==> (kurangi jika tidak suka terlalu manis,aku 250Gr)
250 gram gula palem (kalau ga ada bisa pakai gula merah yang dicincang kecil)
225 ml minyak goreng
1-2 st vanili bubuk atau vanili pasta
150-200 gram coklat blok yang dark, potong dadu kecil, tim hingga leleh
400 gram terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru), ayak dengan :
1 st baking powder (bisa di skip)
1 1/2 st soda kue (bisa di skip)
50 gram cocoa (coklat bubuk), di sarankan pakai merk tulip jenis bordeaux, atau BT cocoa yang dark, atau coklat bubuk elmer yang dark. Kenapa nggak di saranin van houten? Karena jatuhnya mihillll, 

 Sesukanya : Choco chip untuk campuran dalam brownies dan untuk taburan. Boleh ditambahkan bahan lain untuk topping, seperti almond atau kenari. Choco chipnya lebih bagus pakai merk tulip atau colatta, namun kalau di pasar biasa agak susah cari choco chip kedua merk ini, jadi saya pakai yg biasa, merk l'agie.
3 buah loyang brownies ukuran 10x30 cm, olesi minyak/mentega, alasi dengan kertas roti sampai ke sisi panjangnya, lalu oles lagi dengan minyak/mentega.
Biar praktis langsung pakai kertas HVS ukuran A4 , praktis nggak usah motong2.
How to :
1. Panaskan oven suhu 190°C. Kocok telur, gula pasir, gula palem, vanili, dengan mikser kecepatan paling rendah, cukup 2-3 menit saja, hanya sampai gula cukup larut saja.(saya hanya pakai wisk)

 Saat dikocok, mikser harus digerakkan bolak balik, jangan searah...kita ngag ingin brownies kita jadi cake yang mengembang kan...

2. Masukkan campuran terigu-cocoa-baking powder-soda kue sambil mixer/diaduk bolak balik juga. Masukkan minyak, aduk rata. Ingat, mikser harus selalu bolak-balik dan jangan searah kayak bikin cake.

Sebenarnya bikin pakai sendok kayu juga bisa kalau malas keluarkan mikser . Masukkan choco chip sesukanya...makin banyak makin sippp hehee...

3. Terakhir, masukkan coklat blok yang sudah dilelehkan.(dingin)

 Sisakan sekitar 3-5 sendok makan untuk bikin sungai coklat yaaa...

4. Bagi 3 adonan, tuang ke dalam 3 buah loyang yang telah kita siapkan. Beri aliran2 coklat dari coklat leleh yang sudah kita sisihkan lagi, buat gurat2 dengan spatula atau sendok. Taburkan choco chip dengan semena-mena heheheee.... Kalau mau ditambah taburan almond atau kenari pada bagian2 tepinya juga bisa, hanya aja bagian tengahnya tetap difokuskan untuk sungai coklatnya...

5. Panggang dengan tips yang saya udah share di atas. Jadi saat bagian atas brownies sudah terasa keras namun kalau ditekan masih terasa agak empuk, itu biasanya brownies sudah set. Karena kita ingin brownies yang atasnya crust tapi tengahnya chewy. Kalau ingin yg lebih kering sich bisa ditambah lagi waktu panggangnya. 

Dicoba dulu dg step yg saya beri di atas, lalu nanti bisa disesuaikan dengan selera kita, apakah mau lebih kering, atau kah malah lebih basah.

Tips dari Ummu allegra:
Buat bikin shiny crust di bagian atasnya.
Panaskan oven suhu 190°C selama kurang lebih 15-20 menit (jadi ketika kita mulai mau mengocok adonan, kita nyalakan dulu ovennya suhu 190°C , kalau yg pakai otang alias oven tangkring, apinya hampir besar, jangan yg paling besar, jadi api sedang tapi digedein dikit).
Masukkan loyang pada rak paling atas, panggang selama 25 menit. 

Lalu turunkan suhu ke 150°C (kalau otang api sedang agak kecil) . 
Keluarkan brownies, tukar posisinya ke rak bagian tengah. Panggang kurang lebih selama 20-25 menit. Jangan ditambah waktu terlalu lama ya, walau brownies terasa masih menul2 empuk, karena nanti kalau terlalu kering brownies malah bisa jadi keras.Nanti brownies akan mengeras sendiri ketika mendingin, karena kandungan coklat dan gula yang banyak.

SELAMAT MENCOBA ^_^

1 comment:

awang taufik said...

dah pasang iklan lagi di blog kk dah banyak pengunjungnyo tu :v