cari resep bunda inong disini

Monday, February 16, 2015

MIE ACEH

 Resep dari kakak Mimi yang tinggal di aceh,rasanya ndak kalah dari mie aceh yang sering ku beli waktu kuliah di jogja dulu.mungkin jika pakai cabe merah kering,rasanya makin top dan yang pasti warnanya makin cantik,merah marun..thanks atas resepnya.

 
MIE ACEH
Sumber Resep: Mimi Tharmidzi
Made By Linda Salut

Bahan:
500 gr mie basah
100 gr udang basah,boleh daging yg dipotong dadu kecil2.tergantung selera,==> saya pakai Bakso
100 gr toge (aku skip,ternyata sudah ku masak togenya buat makan siang tadi hehehehe)
100 gr kol
150 gr bunga kol potong perkuntum (aku skip)
Kecap asin 3 sdm
Kecap manis 2 sdm
2 btg seledri
2 btg Daun Bawang,iris2.
Tomat 100 gr iris2,aku bikin 1 buah tomat
2 Bawang merah,iris tipis
Air
3sdm Minyak untuk menumis

Bumbu dihaluskan:
10 bh cabe kering,rendam pake air panas biar mudah waktu dihaluskan.==>Aku pakai cabe segar .
6 siung bawang merah.
2 siung bwg putih.
2 butir kapulaga.
1 sdt jintan yg telah disangrai
15 butir merica/1/4sdt
1\2 sdt bubuk kunyit==> aku bikin 1 ruas kunyit segar.

Cara membuat:
Panaskan minyak 3 sdm,masukkan irisan bawang merah hingga wangi.
Masukkan bumbu halus,aduk2 sampai bumbu harum.
Masukkan Tomat, toge,kol,kembang kol,udang,Tambahkan air,tutup.
Setelah sayur layu masukkan mie,kecap manis dan asin.
Masukkan seledri dan daun bawang.
Beri garam secukupnya  aduk, tutup lagi.
Buka tutup aduk2 lg sampe mie matang.
Sajikan dengan kerupuk emping ,irisan timun,acar bawang merah dan cabe rawit.
SELAMAT MENCOBA ^_^

No comments: