cari resep bunda inong disini

Monday, January 6, 2014

DAUN UBI TUMBUK


 

Daun ubi tumbuk,masakan khas Batak yg sudah terkenal...kalau di lihat dari bentuknya,masakan ini mungkin kurang menarik bagi sebagian orang,di tambah baunya yg "Manguong"..hadehhh.. apa sich bahasa indonesianyaaa....bau khas daun ubi itu lhooo....kalau masalah rasaaa..Relatif mungkin yah..kalau bagi suamiku Daun ubi tumbuk NIKMAT...karena suami asli batak..heheheh....
Hasil tanya tanya...daun ubi tumbuk batak asli,pengolahannya sangat sederhana....daun ubinya langsung di tumbuk dan di masak santan pakai kincung alias rias alias kecombrang dan rimbang,hanya di bumbui bawang merah dan garam.
 Agar daun ubi tumbuk di makan semua suku yg ada di rumah,ada orang palembang,padang,jawa,dan batak,jadi daun ubi tumbuknya suka di modif sesuai dengan selera lidah sang tukang masak yaituuuuu...diriku  yang orang melayu riau.
karena tidak punya alu/lesung,maka di gunakanlah blender untuk menggiling daun ubinya,seharusnya namanya jadi DAUN UBI BLENDER kali yeee..... heheheh

DAUN UBI TUMBUK 
By:linda salut

BAHAN:
*Daun ubi alias daun singkong
*Santan kental 300ml
*air 300ml
*Rias/kecombrang/kincung 1 kuntum kecil
*Rimbang
*Daun kunyit simpul
*Daun serai geprek
*Lengkuas geprek
*Ikan teri 1sdm/ikan salai
*garam

Bumbu Gulai yg di haluskan:
  • 5 Cabe merah 
  • 2 bawang putih
  • 5 bawang merah
  • 2 cm kunyit
  • 2cm jahe
CARA:
^Tumbuk kasar daun ubi pakai alu.atau bisa di blender kasar
^ masak santan,air,daun kunyit,serai dan smua bumbu hingga mendidih,lalu masukkan daun ubi tumbuk,rimbang ,ikan teri,dan kecombrang...masak sebentar..
^Siap di hidangkan
SELAMAT MENCOBA ^-^







1 comment:

Anonymous said...

Mbak...memblendernya pake air nggak?
Thanks atas jawabannya.