cari resep bunda inong disini

Sunday, December 29, 2013

BOLU SURI I


Tetangga depan pernah bilang,kalau bolu yg enak namanya bolu suri,ku tanya ciri2nya gimana,dia cuma bilang berongga dan lembut.
hari ini tanteku yang asli orang palembang ada datang,yang kerja di rumah juga org palembang....ku tanya mereka,katanya belum pernah dengar nama bolu suri...jadi ku bilang,berongga dan lembut...kata mereka ada di kampung bolu berongga warna putih,bahannya seperti maksuba cuma pakai mak roti....
aku bingung mak roti ini apa...??? ingat aku kalo bikin roti pake ragi instan,mungkin ini yg mereka bilang mak roti .
jadi coba punya coba..ku bikinlah bolu ini dengan resep modifikasi dari resep maksuba,di tambah ragi instan
setelah bolu selesai di masak....aku antar sepotong ke tetangga depan,dia langsung bilang.."nah ini bolu suri,dapat resep dari mana...??? xixixiixixi.
tapi aku belum puas dengan rongganya...kalau masalah rasa,lembut dan wangi


BOLU SURI
By Linda salut
Bahan :
8 telur
100gr terigu
150 air hangat2 kuku
1sdm atau 1 bungkus ragi instan
75gr mentega cair
1/2 kaleng SKM
200gr Gula pasir (jika kurang suka manis,kurangi gula)
Vanille atau perisa pisang rose 

CARA:
Campur terigu,ragi dan air hangat2 kuku,aduk hingga rata.diamkan 30 menit
stelah 30 menit,masukkan Gula pasir dan telur satu persatu,aduk pakai wisk/tangan hingga gula hancur.
lalu masukkan SKM aduk rata.
masukkan mentega cair dan aduk kembali hingga rata.
saring adonan,masukkan ke loyang tulban 20cm yang sudah di beri olesan mentega dan taburan tepung
masukkan ke Oven,Diamkan kembali adonan lebih kurang 1jam
lalu hidupkan kompor dgn api sedang.Oven selama 60-120 menit hingga permukaan kecoklatan
 SELAMAT MENCOBA ^-^



5 comments:

Dhiya maryam said...

Oo...ini resepnya seperti bika ambon yang dipost sama seseorang di grup Langsung Enak, mba..
hanya saja ada yg beda, seperti jumlah telur dan tips lain.
Maryam mau coba resep yang ini nanti insyaAllah, soale kemarin ikut resep sebelomnya tapi kurang memuaskan.
Makasih share resepnya ya mba...

linda salut said...

di blog ini ada 3 versi bolu surinya,beda jumlah telur,beda jumlah tepung mb....di LE ada yang bikin 1/4 resep dari yang saya share mb dhiya maryam,silahkan di coba . . .

Rosita Wirawan said...

Bunda bru2 ini nyoba bikin, hslnya ga pede klo buat di sajikan ke tamu hiks..
tp kt ank2 jgn pandang rupanya cobain rasanya mom hehee..

linda salut said...

Memang agak susah bikinnya mb,memanggang agak lama,benar benar sudah coklat pinggirannya,gelembung gelembungnya sudah agak berkurang,baru tidak lengket di loyang...kalau mau coba,pakai yang http://bunda-inong.blogspot.com/2014/04/bolu-suri-pandan.html karena tepung agak banyak,jadi resiko lengketnya agak berkurang...masalah rasa suka ndak mb. . .

Andreas Santoso said...

Oalah bu linda salut tho

Koh andrekho