cari resep bunda inong disini

Friday, September 4, 2015

Chiffon Ubi Ungu

bingung punya ubi ungu,karena untuk di kreasikan ke kue lumpur,atau yang lain,rata rata menggunakan susu atau santan,sedangkan si abang sedang kumat maag,anti dengan semua itu,termasuk ragi.

Kebetulan bulan kemaren beli loyang chiffon cake,belum pernah di cobain,hunting gugel nemu resep chiffon cake ubi ungu di blog kirbiecravings.

Semua referensi yang aku baca,chiffon cake ubi ungu yang mereka bikin selalu berubah jadi abu abu,karena ternyata ubi ungu jika bertemu zat asam cream of tartar atau air jeruk dan cuka berubah warna menjadi abu abu.

Jadinya untuk bikin chiffon cake ini,aku menggunakan sedikit saja air lemon,untuk warna sudah dapat ungu,tapi sedikit mengkerut di kulit caka.

Chiffon Ubi Ungu
Made By Linda Salut
Bahan A:
100gram,ubi ungu kukus dan lembutkan
3 sdm susu cair (aku pakai air saja)

Bahan B:
3 kuning telur
50 gram gula pasir
1/8 sdt garam
Minyak canola 50ml (aku pakai minyak zaitun)
3 sdm air
85 gram terigu

Bahan C:
4 putih telur
50g gula pasir
1/2 sdt cream of tartar/Air Lemon

Cara:
1. Panaskan oven 180'C
2. Dalam sebuah mangkuk sedang, kocok putih telur, 50 g gula putih dan cream of tartar/air lemon sampai  kaku,jika mangkuk dibalik tanpa putih telur jatuh.(bahan C)
3. Dalam mangkuk terpisah, kocok kuning telur, sisa gula putih, garam, air dan minyak sampai tercampur rata,.Ayak tepung dan aduk sampai halus.(bahan B)
4. Dalam mangkuk kecil,aduk ubi ungu dengan susu.(bahan A), Tambahkan campuran ubi ungu ke campuran kuning telur dan kocok hingga rata dan halus.
5. Ambil sekitar setengah dari adona C dan aduk balik ke dalam adonan B . Saya menggunakan spatula dan aduk terus sampai tidak ada garis-garis putih telur. Kemudian tambahkan  sisa dari putih telur dan lipat aduk balik sampai rata.
6. Tuang adonan ke dalam loyang tanpa di oles mentega.
7. Pindahkan rak oven dengan satu baris di bawah tengah. Masukan kue dan panggang selama 25-30 menit sampai permukaan kue cokelat keemasan.
8. Keluarkan dari oven dan balik loyang cake untuk pendingina,letakkan piring di bawahnya.
9. Ketika kue benar-benar dingin,gunakan pisau plastik di sekitar tepi kue dan kemudian mengeluarkan cake dari loyang.
SELAMAT MENCOBA ^_^

No comments: