cari resep bunda inong disini

Sunday, May 1, 2016

BLACK FOREST CAKE

Black forest cake yang ke dua kali aku bikin,yang pertama pakai resep ibu fatmah bahalwan NCC,BF yang ini pakai resep mbak ricke.tapi bc aku pakai resep mbak besta,tooop rasa bc nya . .


Black Forest
Resep:ricke ordinary kitchen
Made by Linda Salut
Bahan sponge cake coklat:
- 6 butir telur
- 150 gram gula pasir
- ½ sdm cake emulsifier (SP/TBM/Ovalet)
- 125 gram terigu protein sedang (misalnya Segitiga Biru)
- 25 gram coklat bubuk (aku pakai Van Houten)
- ½ sdt vanili bubuk
- 75 gram mentega/margarin, lelehkan dan dinginkan
- 1 sdt pasta black forest

Simple syrup (aku pakai syrup vanilla marjan) :
-100 gram gula pasir
-100 ml air
-sedikit pasta vanili (agar harum)
Biasanya ditambahkan rhum/kirsch, tapi aku gak pakai


Filling(aku hanya pakai selai blueberry):
-1 kaleng cherry hitam (masing-masing dibelah dua, saring dan pisahkan airnya
-25 ml air
-2 sdm tepung maizena, larutkan dg sedikit air
(Air cherry hitam, air dipanaskan hingga mendidih kemudian masukkan larutan maizena. Masak hingga kental dan meletup-letup. Dinginkan hingga menjadi seperti selai)

Hiasan:
-Butter cream (aku pakai bc mbak besta, mentega putih 500gram,wcc 250gram,susu kental manis 1kaleng)
-Dark cooking chocolate, diserut
-Cherry merah bertangkai

Cara membuat:
- Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk dan vanili bubuk (bisa 2-3 kali agar lebih halus). Sishkan.
- Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu, aduk rata dg spatula. Masukkan mentega leleh dan pasta black forest. Aduk balik hingga rata (pastikan semua tepung terigu, mentega leleh dan pasta sudah tercampur rata)
-Tuang ke dalam loyang yg telah dioles margarin dan dialasi kertas roti (aku pakai loyang bulat diameter 18 cm)
-Panggang dalam oven hingga matang (sekitar 30~60menit)
-Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan-Belah melintang cake menjadi 3 bagian. Ambil cake lembar pertama, basahi dg simple syrup. Olesi dg selai air cherry hitam, oles lagi dg butter cream/whipped cream dan tata cherry hitam. Tutup lagi dg lembar kedua, ulangi menata filling. Tutup lagi dg lembar terakhir dan oles semua permukaan cake dg butter cream/whipped cream. Hias sesuai selera dg coklat pekat serut dan cherry merah bertangkai.

No comments: