cari resep bunda inong disini

Tuesday, April 28, 2015

Black Garlic Bikin Sendiri

Penasaran lihat black garlic yang di share teman,yang katanya bikin sendiri.buka google ada yang bikin pakai magiccom di colokkan ke listrik 24jam selama 40 hari.Cara itu bikin aku ngeri.takut konslet listrik.Akhirnya aku bikin dengan caraku sendiri.
Di Korea, bawang putih hitam dikembangkan sebagai produk kesehatan dan masih dianggap sebagai makanan kesehatan tambahan. Black Garlic dihargai sebagai makanan yang kaya antioksidan dan ditambahkan ke minuman energi , dan di Thailand diklaim meningkatkan umur panjang (sumber:Wikipedia)
Di dalam masakan,restoran terkenal sudah mulai ada yang menyajikan menu pakai black garlic.
Restoran china Pearl Chinese Restaurant yang berlokasi di lantai 2 Hotel JW Marriott Jakarta,menyediakan menu pakai black garlic. Bawang hitam atau black garlic merupakan bawang putih yang telah di fermentasi menjadi bumbu andalan. Bawang ini baik untuk kesehatan dan dipercaya dapat membuat umur lebih panjang.(sumber: Food Detik.Com)
Bawang putih adalah bahan anti kanker, maka black Garlic mempunyai kelebihan 10 kali lipat dari khasiat bawang putih biasa. Begitu juga dengan penyakit lain, dimana khasiat 10 kali lipat dalam Black Garlic juga sangat berguna untuk untuk kesehatan.namun black garlic tidak baik di konsumsi untuk Orang yang alergi bawang putih,Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat serta Orang yang sedang Migrain  (sumber: Tokopedia.com )

 
 Black Garlic homemade
konsumsi 1-2 siung sehari
By Linda Salut
Pertama pilih bawang putih yang mulus dan segar.
Siapkan Wajan tebal/teflon serba guna
.
Beri alas dandang,yang berlobang lobang
Susun bawang putih di atas alas dandang yang di letakkan di dasar wajan.
Tutup wajan,masak 30-60 menit pakai api lilin/api paling kecil,ltiap hari selama 20 hari

Setelah 10 hari bawang sudah berubah menjadi coklat,15 hari makin gelap,di foto ini 20 hari sudah menjadi hitam.jika mau bersabar tunggu sampai 40 hari.jika sudah hitam,letakkan bawang di tempat yang kering,hindari sinar matahari,setelah 20-40hari,sudah bisa di konsumsi.rasanya seperti jelly. jika benar benar sabar total pengolahan 80hr.

 Bawang bisa di konsumsi utuh jika suka,atau bisa di masukkan ke dalam pisang seperti makan obat,atau bisa juga di bikin sebagai bumbu masak.
SELAMAT MENCOBA ^_^


9 comments:

Mita Sukardi said...

boleh tanya mba, setelah 20 hari apakag bawang putih itu tetap dimasak 30menit/hari atau didiamkan saja? terimakasih atas informasi yang sangat berharga ini...

Adeit Arafat said...

malam mba mau tanya, untuk bawang putihnya kalau pake bawang putih lanang khasiatnya lebih baik atau malah enggak berkhasiat mba ? terimkasih

Adeit Arafat said...

malam mba, kalau pakai bawang putih tunggal khasiatnya lebih baik atau malah lebih jelek mba ? 20 hari atau 12 hari nya mba ? terimkasih

Adeit Arafat said...

boleh tanya mba, kalau bawang putih lanang bisa juga enggak digunakan ? pakai rice cooker 12 hari bukan mba ? terimaksih

linda salut said...

berdasarkan info,black Garlic menaikan 10 kali lipat dari khasiat bawang putih biasa,jadi bawang lanang bisa dong,kan masih bawang putih toh..hehehhehehe..kalau di olah makin lama makin baik . . .

Anonymous said...

Saya baru tahu kalau khasiatnya luarbiasa.
Dulu saya sering menemukan bawang yang sudah layu berwarna coklat/hitam di wadah bumbu kluarga saya waktu di kampung yang di gantung di atas tungku dari kayubakar karena setiap membeli dalam jumlah banyak dan tidak memiliki kulkas. setiap ibu melihat saya membuangnya beliau selalu marah dengan alasan masih layak dimakan.

Isa Nugroho said...

basang putih tunggal lebih bagus, dan khasiatnua untuk menstabilkan tekanan darah tinggi, makan setiap menjelang makan malam dua butir diris dicampur nasi

Isa Nugroho said...

lebih baik bawang tunggal, dan khasiatnya untuk tekanan darah tinggi akan normal dan stabil apabila bawang putih tunhgalnya dimakan mentah diiris kecil campur nasi setiap menjelang makan malam sebanyak dua butir saja.

PAYUNG TANI HAYATI said...

Terima kasih banyak atas info bermanfaatnya......
Semoga Allah SWT membelasnya dengan berlipat ganda.....