cari resep bunda inong disini

Sunday, November 30, 2014

Gulai Ikan Terong Rimbang

 
 
By Linda Salut 
Bahan:
5 Ekor ikan rebus agak besar
200ml Santan kental
100ml air
5 terong bulat belah 4
1 Ons Rimbang
1 serai geprek
1 daun kunyit simpul
2 daun jeruk
2 belimbing wuluh
Garam
Penyedap rasa
5 cabe rawit utuh
Giling Halus:
5-10 Cabe merah keriting
7 bawang merah
3 bawang putih
3 cm jahe
1 cm kunyit
Lengkuas,Geprek
Cara :
Masak santan,air,daun kunyit,serai,daun jeruk dan semua bumbu halus,hingga mendidih.
Masukkan Terong,Rimbang,,masak hingga terong lembut,Lalu masukkan ikan ,Masak hingga mendidih kembali
Angkat dan siap di sajikan
SELAMAT MENCOBA ^_^

Saturday, November 29, 2014

Muffin Wilton

 

Muffin Wilton
Resep asli: Ibu Dinie Kursus Wilton, Fatmawati Jakarta. 
Bahan: 350 gr tepung terigu 
25 gr susu bubuk (aslinya gak ada)=> aku ndak pakai 
180 gr Margarine+50 gr butter (aslinya 230 butter) 
110 cc air 4 butir telur ukuran M (200 gr telur isi saja) 
300 gr gula pasir (kalau mau cheese muffin atau daging asap atau muffin yang rada gurih, 200 gr aja)
1 sdm vanili ekstrak 
8 gr baking powder 
50 gr atau lebih boleeeeh bahan tambahan sesuka hati (misalnya coklat chip ato keju dipotong dadu)
Directions:
Cara membuat:
1. Masak butter, air dan gula sambil mendidih dan gula larut
2. Masukkan tepung dan susu bubuk kedalam bowl mixer, tuangkan perlahan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang,sampai hangat.
3. Masukkan vanilla
4. Masukkan telur satu persatu
5. Masukkan baking powder, kocok sampai cukup rata
6. Masukkan bahan tambahan (choco chips/kacang/keju/buah dll)==>aku pakai chocochip dan tape
7. Masukkan adonan kedalam piping bag, potong ujungnya. (Pake sendok juga tidak apa-apa)
8. Semprotkan kedalam cetakan muffin sampai penuh taburi atasnya dengan sisa bahan tambahan. (Kalo baking powdernya pake BPDA atau BP super jangan penuh nanti meluber)
9. Oven dengan suhu 200° ± 20 menit (karena aku pake cup Besar,tadi ngovennya lumayan lama) SELAMAT MENCOBA ^_^

Friday, November 28, 2014

AYAM GORENG BUMBU KUNING Dan 3 Sambal

 
 AYAM GORENG BUMBU KUNING 
1 Kg Ayam
Bumbu Halus:
5-10cm kunyit
7 bawang merah
7 bawang putih
5cm jahe
1 batang serai
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 sdt garam
2 sdt lada/merica
Air
Cara:
Ungkep semua bahan hingga wangi dan air tinggal sedikit
Goreng Dengan minyak banyak dan panas hingga garing
Sajikan dengan sambal
Sambal 1
10 buah cabai rawit merah
5 Cabe merah keriting
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
 1 Tomat Kecil
garam
Minyak goreng secukupnya
Terasi bakar
Cara:
Rebus Semua Bahan,Ulag halus
Goreng kembali dengan minyak,hingga minyak berpisah
Siap di sajikan
Sambal 2
10 buah cabai rawit merah
5 Cabe merah keriting
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
 1 Tomat Kecil
garam
Gula merah 1/2sdt
Minyak goreng secukupnya
Cara:
Rebus Semua Bahan,Ulag halus beri gula merah,aduk rata.
Goreng kembali dengan minyak,hingga minyak berpisah
Siap di sajikan
Sambal 3:Untuk tempe penyet
Resep Natnat
5 cabe Rawit Merah
2 cabe besar- Merah keriting
1 siung bawang putih
Terasi,Di bakar
Gula
Garam
Tomat kecil
1 sdm minyak
Cara:
Goreng semua cabe,bawang  dan tomat,Terakhir Masukkan terasi 
Ulek semua.
siap di sajikan
SELAMAT MENCOBA ^_^

Tempe Penyet Dan Sambal

 
 Tempe Penyet dan sambal
by natnat
Bahan:
3 Potong Tempe,tempe boleh di beri bumbu seperti kita goreng tempe biasa.
5 cabe Rawit Merah
2 cabe besar- Merah keriting
1 siung bawang putih
Terasi,Di bakar
Gula
Garam
Tomat kecil
1 sdm minyak

Cara:
Goreng semua cabe,bawang  dan tomat,Terakhir Masukkan terasi 
Ulek semuanya halus dan masukkan tempe,penyet penyet
SELAMAT MENCOBA ^_^

Ikan Salem Teriyaki

Ada yang bilang ikan salem sama dengan Ikan salmon daging putih,tapi setau aku ikan salmon dagingnya agak kekuningan.
Ikan Salem di bikin Ikan saos teriyaki tetap enak.Tampilannya tanpa garnish,karena isi kulkas kosong . . . dan akunya memang tak pandai bikin garnish...xixixiixixixixi

 
Ikan salem Teriyaki
Bahan:
500 gr fillet ikan
3 siung bawang putih haluskan
2 cm jahe haluskan
1 sachet saos teriyaki
2 sdm kecap asin

Cara Membuat :
Siapkan wajan anti lengket, panaskan 1 sdm minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe.
Tambahkan saos teriyaki ,aduk-aduk hingga rata.
segera angkat, dinginkan.

Memasak Ikan :
Rendam fillet Ikan dalam saus teriyaki selama 1 jam (untuk hasil lebih baik bisa direndam selama 1 malam).
Tiriskan fillet ikan
Panaskan 1sdm minyak sayur dalam wajan anti lengket,Masak fillet ikan (bagian kulit dibawah) sampai berubah warna,kulitnya kering dan garing. Siram bagian atas fillet dengan saus teriyaki.
Masak kedua sisinya,sirami sedikit-sedikit dengan saus teriyaki.
Susun Ikan di piring,siram dengan sisa saos teriyaki.
SELAMAT MENCOBA ^_^

Nopia Atau Mino

Nopiaku tidak mulus kulitnya,ngulennya kurang kalis,maklum ngulen masih pakai tangan,dan kebetulan engsel tangannya agak lemah jika di ajak bekerja agak keras.perluu merayu suami buat beli mixer yang bisa ngulen roti sepertinya ini...xixiixixixixixixi...ngareeep.
Bikin 1/4 dari resesep yang di share,jadinya lumayan banyak,dalam 1jam ludees deees di makan rame rame.

Resep NOPIA / Mino
By Titiek es

Adonan isi :
gula jawa/gula merah 1 kg
Terigu pita merah/prot.rendah 800 gr
Margarin 33 gram
Coklat bubuk 100 gram
SKM 65 gram
Air 144 gram
Minyak untuk olesan secukupnya.
Caranya: haluskan gula merah iris atau ditumbuk sampI gak bergerindil .sambil dicampur terigu. Campur semua baham jadi satu diamkan sampai agak keras. Oles minyak petmukaan adonan isi diamkan.
 
Adonan Kulit:
Terigu prot. Sedang/beruang biru 1500 gram
Gula pasir 375 gram
Minyak 125 gram
Air 990 gram kurlep
Vanili/ perasa yang lain
 
Caranya:
Aduk semua bahan mixer/uleni sampI kalis diamkan supaya adonan rileks 15 menit. Timbang @ 10 gram diamkan 10 menit an.
Ambil bahan kulit pipihkan, isi dengan bahan isian 10 gram, bulatkan. Rekatkan rapat2 biar tidak merekah saat dioven.
Tata di loyang oven dengan api bawah. Kira2 20-25 menit. 
(Resep dapat dari pelatihan di Scc Sriboga Semarang. Tutor dari nopia asli Banyumas.)

Thursday, November 27, 2014

SAMBAL LADO HIJAU

 
 
SAMBAL HIJAU
By Linda Salut
Bahan sambal :
1/4 kg cabe hijau keriting utuh,buang tangkainya cuci bersih.Jika ingin pedas,tambahkan 10 cabe rawit.
1/4 kg tomat hijau, potong kecil kecil.
Ikan asin potong kecil kecil/1/2 ons ikan teri,cuci bersih.
minyak goreng.
2 batang daun bawang,potong2.
Bumbu:
10 buah bawang merah,geprek
3 siung bawang putih,geprek
garam secukupnya
1 Asam kandi/Jeruk Nipis
Cara masaknya:
Goreng teri 1/2 mateng,angkat.
Ulek kasar cabe Hijau juga tomat,bawang merah,bawang putih dan garam.
Panaskan minyak masukan cabe,masak 1/2 mateng.
Masukan ikan teri,Asam,daun bawang, aduk rata.
Angkat selagi warna sambal masih hijau segar.

Tips dari Ibukku:
Saat nguleg cabe,beri perasan air jeruk,agar hijaunya cantik.masaknya juga jangan lama lama.
SELAMAT MENCOBA ^_^

Wednesday, November 26, 2014

Jamur Tiram Tumis

 
 Jamur Tiram Tumis
Bahan:
150 gram jamur tiram, dipotong-potong
1 buah Gambas.potong
5 Bawang merah,iris
2 siung bawang putih, dimemarkan/iris
2 cabe merah,iris serong
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 batang daun bawang, dipotong miring
50 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis
2cm Jahe geprek
5 ekor Ikan teri
 
Cara Pengolahan :
Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan jamur tiram dan gambas. Aduk rata.
Tambahkan garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
Masukkan air dan daun bawang. Masak sampai matang dan kental.
SELAMAT MENCOBA ^_^

Tuesday, November 25, 2014

TELUR DADAR KEMANGI

Punya sisa kemangi yang sudah mulai layu,sisa lalapan kemaren,merasa sayang di buang,ke blender bersama bumbu untuk telur dadar. . . setelah di masak aku lupa memotonya.
Selesai karyawanku makan,dia bilang,telur dadarnya enaaak...hahahhahaha baru ingat foto,tapi tinggal seiris lagi.
 
 

TELUR DADAR KEMANGI
By Linda Salut

Bahan:
3 Telur
3 bawang merah
1 bawang putih
Daun kemangi
1/4sdt merica
3 cabe merah keriting
Kaldu penyedap rasa
Garam halus

Cara:
Giling halus/blender semua bumbu
Kocok Lepas telur,masukkan bumbu halus
Masak di wajan pakai api kecil hingga kecoklatan.
Balik,hingga kecoklatan kembali
Siap di hidangkan
SELAMAT MENCOBA ^_^

SAMBAL LADO TANAK Pete

Punya pete di beri teman,bikin Sambal lado tanak pakai ikan teri nasi medan . . . masak sambil jaga toko yah gini,sedang masukkan ikan teri,belum sempat di aduk sudah di panggil pelanggan,....karena ikan teri sudah di pegang,langsung masukin aja ke santan,langsung ke depan ngelayani pelanggan yang memang maunya kita yang layani,balik ke belakang baru di aduk...xixiixixixixixixixi...ikan teri kebanyakaaaaan.

 
 
SAMBAL LADO TANAK Pete
by Linda Salut
bahan:
1 genggam ikan teri (kira kira sesukanya)
3 papan Petai(bisa pakai Jengkol)

400ml santan kental
1 asam kandis
1 Daun kunyit
1 Serai geprek

Bumbu halus:
100gr cabe merah keriting
10 bawang merah
5 bawang putih
2 cm kunyit
garam (cicip dulu sebelum masukkan garam,karena ikan teri asin)

Caranya:
Masak santan,daun kunyit,asam,serai dan bumbu halus hingga  keluar minyak.
Masukkan ikan teri dan petai.masak dgn api kecil hingga mengental.
SELAMAT MENCOBA ^_^

Cara bikin Kerupuk Jengkol

 Jika musim jengkol datang,jengkol di pasaran bisa 3rb/Kg
Waktunya untuk bikin kerupuk jengkol,di simpan dengan cara di gantung,tahan lama
Jika di jual,kerupuk jengkol mentah saja bisa 100rb/kg di pasar.


Cara Bikin Kerupuk Jengkol
Bahan:
Jengkol Tua (bener bener tua yah)
Air 
Ampia (alat pembuat mie)
Batu ulegan/batu bulat
Minyak sayur

Cara:
Rebus jengkol hingga lembut,kulit arinya terbuka.bersihkan,belah 2
Geprek pakai batu ulegan hingga tipis dan bisa di ampia
Beri minyak sayur sedikit putaran ampianya,agar tidak lengket
Giling dari no 23456 hingga ketipisan yang di inginkan.harus urut dari yang terkecil dulu.
Jemur hingga kering
Siap di goreng

 

Sambal untuk Kerupuk jengkol
3 lembar daun kunyit,iris halus

Bahan giling halus:
20 cabe merah keriting
5 bawang merah
Garam
Penyedap rasa/gula
 Cara:
Tumis cabe hingga berubah warna,dinginkan
Goreng daun kunyit iris hingga kering
aduk rata dengan sambal yang sudah dingin.
Oleskan ke kerupuk yang sudah di goreng
SELAMAT MENCOBA ^_^

Siomay

Gara gara lihat postingan cece may may barusan di Fb,jadi nces...kebetulan ada ikan tongkol di kulkas,ikutan bikin dech. Walau tanpa pendamping bahan pelengkap.Kuah kacangnya pun pakai bumbu Pecal yang sudah di bikin beberapa hari yang lalu,tambah bawang putih,cabe merah dan santan...wangiiiii

 
SIOMAY:
Sumber resep Ce May May 
Bahan:
500 gr ikan tongkol haluskan (blender)
garam (suka suka)
2 daun bawang iris halus
3 siung bawang putih haluskan
150 ml air es
200 gr tepung kanji (sagu tani)
 
Bahan pelengkap:
kol rebus gulung (aku skip)
kentang belah 4
pare  (aku skip)
tahu cina (aku skip)
3 telor direbus
 
Cara membuat SIOMAY:
Campur bahan aduk rata.
Bentuk adonan bulat lonjong,isi tahu-kol-kentang-pare dengan isi adonan
Kukus sampai matang
 
Saus kacang:
200 gr kacang tanah goreng
gula merah
garam
3 siung bawang putih
4 cabe rawit (selera)
asam 1 mata
santan encer
Haluskan semua masak di-api kecil sampai mengental dan berminyak
SELAMAT MENCOBA ^_^

Monday, November 24, 2014

Sambal Terong Ikan Rebus dan Pete

 
Sambal Terong Ikan Rebus dan Pete
Bahan Goreng:
5 Terong Bulat,belah 4,Goreng
1 ons ikan rebus,Belah,cuci goreng
2 papan petai,buka isinya,goreng

Bahan sambal,giling Halus:
50-100gr cabe merah keriting
5 bawang merah
1 bawang putih
1 Tomat
Garam
Minyak untuk menumis
Penyedap rasa/Gula

Cara:
Tumis bahan sambal hingga berubah warna,matikan api
Masukkan semua bahan goreng,aduk rata
Masukkan ke piring,siap di hidangkan
SELAMAT MENCOBA ^_^

LENGKONG (Agar Agar Warna)

Agar agar yang hanya di beri gula dan pewarna,namanya lengkong di kampung aku di Riau.
Karena sudah lama meninggalkan kampung halaman asal orang tua,sampai lupa apa nama agar agarnya ini,akhirnya inbox saudara sepupu yang di kampung. . . . Lengkong

 
LENGKONG
Bahan:
1 bungkus agar agar bubuk (6gr),kalau ada yang berwarna
150gr Gula pasir
600Ml air/3 gelas
1 helai daun pandan
Pewarna makanan (jika agar2nya tanpa warna)
Garam

Cara:
Rebus semua bahan hingga mendidih
Saring,masukkan ke piring/Cetakan
Dinginkan
SELAMAT MENCOBA ^_^

Menu Hari senin:Ikan Goreng Sambal Korek,Sayur Asem,pete dan terong goreng

Menu yang bikin makan bertambuh yah yang ini,apa lagi sambalnya yang supeer pedass...nampooool bangeeet,tepaksa masak nasi 2 kali,biasanya 1x nyampe malam...hahhahahahaha
Ikan Goreng Sambal Korek,Sayur Asem , pete dan terong goreng,tidak lupa lalapan kemangi dan timun....mertua lewat di cuekin dech.Kurasa semua juga sudah tau cara menggoreng ikan,jadi tidak perlu ku tulis lagi.Sambal Korek aja ku tulis di bawah resepnya.

 
 
 SAMBAL KOREK
Bahan:
10 Cabe Rawit Merah besar (rawit kampung)
3 cabe merah keriting
3 Bawang Putih
Garam
Penyedap rasa (gula)

Cara:
Giling kasar semua bahan (aku blender,pake choper kering)
Siram Minyak panas
Cicip
Siap Di hidangkan
SELAMAT MENCOBA ^_^




Sunday, November 23, 2014

SAMBAL Bawang Ala Bu rudy

Ikutan heboh sambal bawang ala Bu rudy,di gruop masakan di FB sliwer sliwer foto sambal bawangnya.bikin nceees.....

 

 SAMBAL BAWANG BU RUDY 
Bahan
250 cabai rawit merah
250 bawang merah
1 sdt garam
1 sdt gula
1sdt/ saset kaldu
1 sdt terasi (optional)
200 ml minyak goreng

Caranya
Kupas bawang merah..lalu bersihkan.cuci cabai dan bawang..
Siapkan wajan untuk mengoreng.masukan minyak goreng lalu masukan bawang dan cabai goreng agak layu..lalu angkat.tiriskan lalu ulek kasar setelah itu tumis kembali(jangan terlalu lama menumis ) masukkan.terasi.gula.garam.kaldu
SELAMAT MENCOBA ^_^

SAYUR ASEM


 Tadi ke pasar,lihat ibu ibu bungkus sayuran campur campur,ku tanya sayur buat apa bu,katanya sayur buat Sayur asem,sebungkus hanya 2rb rupiah.Beli 2 bungkus,jadinya lumayan banyak,isinya sayur2an,lengkuas,asam kandis dan daun salam. jadi sampai di rumah aku hanya nambah bawang merah,bawang putih dan sedikit terasi,dan kebetulan ada belimbing wuluh,ikut pula di cemplung ke sayur asam... Sayur Asem hmmmmmmmmm segaaaaaaar

SAYUR ASEM
Bahan:
1sdm kacang tanah,
5 iris buah nangka muda,
1/2 labu siam,
1/2 jagung muda,
kaldu ayam,
3 daun salam,
5cm lengkuas,geprek
1 genggam daun melinjo muda,
1 genggam buah melinjo,
1 Terong,
garam secukupnya
Asam jawa/Belimbing wuluh/asam kandis

Bumbu Halus:
5 Bawang merah,
2 Bawang putih,
2 cabe merah,
Terasi yang sudah dibakar,

Cara :
cuci bersih semua bahan dan bumbu sayur asem yang sudah disiapkan dan potong beberapa bahan sayur asem seperti jagung, buah nangka muda, labu siam, Terong. Kemudian haluskan bumbu seperti bawang merah dan bawang putih,cabe merah. Khusus untuk lengkuas dan daun salam, cukup dimemakan atau digeprek saja.
Rebus air secukupnya untuk dijadikan kuah sayur asem, kemudian masukan jagung dan nangka muda hingga teksturnya lunak.
 Setelah jagung dan nangka sudah lunak, baru kemudian masukan sisa bahan.Cicip
SELAMAT MENCOBA ^_^

Saturday, November 22, 2014

Gulai Ajo (Gulai Ikan Kuah Hijau)

Waktu aku kecil.tetangga ada buka warung makan padang,aku suka gulai ikannya,seingat aku namanya "Gulai ajo" . . . Beranjak SMP,tetangga itu pindah ke jakarta,dan sekarang sudah meninggal,tapi gulai ajonya masih tersimpan di otakku.
Kebetulan main ke rumah amak/ibuk,ikan yang aku beri katanya di bikin gulai ajo,akhirnya nanya dech resepnya apa aja,hari ini baru kesampaian bikin Gulai Ajo,bumbu sama dengan bikin gulai biasa,hanya tanpa Cabe merah dan kunyit di kurangi sedikit
 
 
 
GULAI AJO 
By Linda Salut 
Bahan:
3 Ekor ikan
200ml Santan kental
100ml air
1 serai geprek
1 daun kunyit simpul
2 daun jeruk
1 belimbing wuluh
Garam
Penyedap rasa
5 cabe rawit utuh
5-10 Cabe Hijau keriting,belah  Giling halus :
5-10 cabeRawit hijau 
7 bawang merah
3 bawang putih
3 cm jahe
1 cm kunyit
Cara :
Masak santan,air,daun kunyit,serai,daun jeruk dan semua bumbu halus,hingga mendidih.
Lalu masukkan ikan ,Masak hingga mendidih kembali/Ikan lembut 
Angkat dan siap di sajikan
SELAMAT MENCOBA ^_^