cari resep bunda inong disini

Thursday, October 23, 2014

Es Laksamana Mengamuk

Es laksamana mengamuk ini,kesukaan almarhum ayahku . . . sudah beberapa hari pingiiin banget bikinnya.tadi ke pasar ada lihat yang jual kuwini,langsung beli dech . .
Es laksamana mengamuk ini minuman khas riau.kenapa di namakan laksamana mengamuk . . ??
Konon, dahulu kala ada seorang laksamana yang mengamuk di sebuah kebun kuwini - sejenis mangga yang memiliki daging buah yang lembut dan aroma yang harum. Ia mengamuk lantaran istrinya dibawa kabur oleh pemiliki kebun tersebut. Untuk melampiaskan amarahnya, sang laksamana pun menghempaskan pedangnya ke segala arah. Akibatnya, puluhan kuwini pun jatuh ke tanah dan rusak.
Sehabis menuntaskan semua amarahnya, sang laksamana pun pulang ke rumahnya. Warga yang kala itu takut melihat kemarahan sang laksamana tak berani mendekat. Lalu setelah ia pergi, para warga berbondong-bondong mengumpulkan puluhan kuwini yang jatuh ke tanah. Pada awalnya, mereka sempat bingung mengenai akan diapakan semua kuwini yang telah kumpulkan. Akhirnya, seorang wanita mencampurkan potongan-potongan buah kuwini itu dengan santan dan gula. Kemudia minuman itu dibagikan untuk warga sekampung.



Es Laksamana Mengamuk
(Minuman Khas Riau)

Bahan :
3-5 Mangga Kuweni,kupas,cincang kasar
300ml Santan kental
200ml Air
1/4sdt Garam

Bahan sirup gula:
100-150ml Air
10sdm Gula Pasir
Daun pandan

Cara:
Masak bahan sirup hingga mendidih,dinginkan
Masak santan dan air,beri garam.dinginkan.
Masukkan sirup gula sedikit demi sedikit,sambil di cicip kemanisannya,jika merasa sudah manis,stop pemberian sirupnya.....lalu masukkan kweni yang sudah di cincang.
Beri Es.Siap di sajikan.

Tips:jika menggunakan santan kental,Agar tampilan santan cantik.masak air dan garam hingga mendidih,matikan api lalu masukkan santan,aduk terus hingga dingin.
Nanti tampilan santan seperti santan mentah.tapi tahan lama di ruangan terbuka.
SELAMAT MENCOBA ^_^

No comments: