cari resep bunda inong disini

Friday, May 30, 2014

CHOCOLATE BANANA CAKE

Resep cake ini sudah beberapa bulan yang lalu di dapat dari Eda Mel B Siregar, tapi baru sempat bikin sekarang . kebetulan pula ada pisang yang sudah terlalu masak,kulitnya sudah hitam .
Kata edak Mel,cake ini lembut . . . ternyata memang lembut dan wangi,makannya pun tidak keset seperti cake pisang lainnya yang di oven .
Tips dari edak mel, loyang dialas kertas roti . Cakenya lebih lembab nanti, dan tepinya tidak kering .
Tadi sudah menyiapkan loyang kotak,sudah di alas dengan kertas roti,sudah di semir mentega juga,tapi karena aku bikinnya setengah resep,pas sudah di adon,merasa loyangnya kebesaran,akhirnya pakai Loyang Loaf,tanpa di alas kertas . . . dah kepepet sich,jadinya pinggirannya agak coklat . walau dalamnya tetap lembut .



 

Chocolate Banana Cake  

Bahan : 
200 gr mentega suhu ruang
200 gr gula kastor 
200 gr terigu protein rendah 
 200 gr pisang raja dihaluskan 
4 kuning telur 
 4 putih telur 
1 sdm SKM (susu kental manis ) 
1 sdt baking powder 
1/2 sdt soda kue 
1 sdt esens vanilla 
100 dcc dicincang atau coklat chip

 Cara : 
  1. Panaskan oven 175 derajat celcius.
  2. Alas loyang bulat ukuran diameter 20 cm dengan kertas roti ( greaseproof) bagian dasar dan sisi dalamnya. Ayak tepung, baking powder dan soda kue .
  3. Kocok mentega dan SKM sampai kembang dan pucat. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok rata. Masukkan esens vanilla. Kocok rata. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan, aduk dengan spatula.Sisihkan .
  4.  Dalam wadah lain ( harus bersih dari minyak/mentega ) kocok putih telur dan gula sampai kaku. Campurkan adonan mentega dan putih telur secara sedikit sedikit sampai merata . 
  5. Tambahkan tepung sedikit sedikit, aduk dengan tehnik aduk balik, menggunakan spatula.
  6. Tambahkan coklat cincang atau coklat chip, aduk rata . 
  7. Tuang ke loyang, ratakan .
  8. Oven selama 60 menit ( lakukan tes tusuk ) Keluarkan dari oven, dinginkan cake di cooling rak . Setelah dingin, tabur dengan gula donat (dusting powder) Baru dipotong dan disajikan .

No comments: